Apa itu sellulitis ketahui gejala dan pendiagnosisnya




Apa itu selulit?
Celulitis adalah penampilan kulit yang berlesung pipit yang dimiliki sebagian orang pada pinggul, paha, dan bokong mereka. Selulit jauh lebih umum pada wanita daripada pria karena perbedaan dalam cara sel-sel lemak, otot, dan jaringan ikat didistribusikan di kulit pria dan wanita. Tumpukan lemak yang mendorong dan mendistorsi jaringan ikat di bawah kulit menyebabkan munculnya kelumpuhan, yang menyebabkan perubahan "keju cottage" yang khas dalam penampilan kulit. Dokter menyebut selulit sebagai ednicous fibrosclerotic panniculopathy (EFP).
Selulit tidak terkait dengan kondisi yang dikenal sebagai selulitis , yang merupakan infeksi bakteri yang menyebar atau radang kulit dan jaringan di bawahnya.


Apa yang menyebabkan selulit?
Komentar Pembaca 2 Bagikan Kisah Anda
Penampilan selulit yang berlesung pipit adalah varian normal - salah satu cara yang terlihat oleh banyak manusia normal. Keturunan, ketebalan kulit, jenis kelamin, jumlah dan distribusi lemak tubuh, dan usia semua dapat mempengaruhi sejauh mana selulit hadir atau terlihat. Selulit terjadi karena penyusutan atau pemendekan tali jaringan fibrosa yang menjangkar kulit. Sementara selulit lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, pria juga dapat mengembangkan selulit. Selulit terjadi pada orang-orang dari semua ras yang tinggal di seluruh dunia. Meskipun hormon wanita dapat berperan dalam berkontribusi pada pola distribusi lemak ini, selulit tidak dapat diobati dengan terapi hormon .


Apa faktor risiko selulit?
Selulit lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Memiliki riwayat keluarga selulit adalah faktor risiko lain. Kehamilan dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan risiko pengembangan selulit.

Ketahui cara menghilangkan selulit menurut klinik Artria
Bagaimana cara menyingkirkan selulit di paha saya?
Selulit disebabkan oleh pola jaringan ikat yang tidak teratur di bawah kulit, dan karena jaringan adiposa (lemak), yang terbentuk di kompartemen sarang madu kecil, mendorong ke dalam kulit, hal itu menyebabkan lesung selulit. Telah ditunjukkan bahwa orang yang memiliki selulit memiliki pola jaringan ikat yang berbeda dari orang yang tidak, dan pria cenderung memiliki pola ini jauh lebih sedikit daripada wanita. Selulit tidak secara langsung merupakan fungsi dari kelebihan berat badan, tetapi perbedaan genetik dalam cara jaringan adiposa dan jaringan ikat. Faktanya, selulit memengaruhi orang apakah mereka kelebihan berat badan atau tidak. Secara biokimia, selulit tidak berperilaku berbeda dari lemak lainnya, dan tidak ada risiko kesehatan dari selulit (beberapa bukti bahkan menunjukkan bahwa lemak ekstremitas bawah melindungi terhadap penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung).

Apa saja gejala dan rekam medis selulit?
Selulit menyebabkan lendir pada kulit dan penampilan yang menggumpal pada daging. Selulit dapat menyebabkan penampilan "kulit jeruk" pada kulit. Paling sering terletak di pinggul, bokong, dan perut. Kadang-kadang terjadi pada payudara, lengan atas, atau perut. Dengan selulit ringan, lesung pipi tidak terlihat kecuali jika kulitnya dicubit.

Bagaimana dokter mendiagnosis dan menilai selulit?
Selulit adalah masalah kosmetik. Penampilan karakteristik selulit cukup untuk mengkonfirmasi bahwa kondisi tersebut ada. Tidak ada tes diagnostik untuk selulit.

Spesialis apa yang merawat selulit?
Karena selulit adalah masalah kosmetik, dokter kecantikan, termasuk ahli bedah plastik dan beberapa ahli kulit, mungkin menawarkan beberapa perawatan untuk selulit.

Apa prognosis selulit?
Selulit bukan masalah medis dan tidak memiliki konsekuensi kesehatan yang merugikan. Sebagian besar perawatan, bahkan yang disetujui FDA, hanya menawarkan solusi parsial dan sementara. Prognosis bermuara pada pendapat kosmetik dan hasil perawatan.

Apakah mungkin untuk mencegah selulit?
Tidak selalu mungkin untuk mencegah selulit, tetapi mempertahankan berat badan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi tampilan selulit. Mempertahankan hidrasi (minum banyak cairan) dan berhenti merokok juga dapat membuat selulit kurang terlihat.

Subscribe to receive free email updates: